Panasonic Umumkan Kenaikan Double Digit Hasil Penjualan di Kuartal Pertama

Mengalami kenaikan sebesar 15%, Panasonic Gobel Indonesia fokus kepada produk TV, audio, AC dan kulkas

Jakarta, 12 September 2013 – PT Panasonic Gobel Indonesia (Panasonic) mengumumkan hasil kinerja yang baik pada kuartal pertama tahun 2013, dengan peningkatan penjualan dari tahun fiskal sebelumnya sebesar 15% dimana mendapatkan kontribusi tertinggi dari rangkaian produk TV, Audio, AC, dan kulkas. Prestasi ini merefleksikan kemampuan Panasonic dalam meningkatkan dan mempertahankan posisi strategisnya di pasar Indonesia. Hasil ini didapatkan seiring dengan strategi bisnis yang fokus kepada market Indonesia dan meningkatnya kebutuhan akan perlengkapan rumah tangga yang inovatif dan berkualitas tinggi.

“Indonesia merupakan salah satu pasar penting bagi Panasonic. Melalui penerapan strategi bisnis yang kami canangkan, Panasonic di Indonesia berhasil meraih target penjualan yang baik pada kuartal pertama hingga 15%,” ujar Hiroyoshi Suga, President Director PT Panasonic Gobel Indonesia. “Ini adalah bukti bahwa perubahan fokus bisnis strategi kami di 2013 berhasil memberikan hasil yang signifikan.”

Tiga strategi utama marketing Panasonic Gobel Indonesia:
1. Product category
Dimana terbagi menjadi 2 categori yaitu value dan volume zone. Value zone adalah kategori produk yang menawarkan added value kepada konsumen dan ditargetkan kepada pasar kelas atas, yang mencakup produk econavi (AC, mesin cuci, dan kulkas), Smart Viera dan Panasonic beauty.
Di sisi lain terdapat juga volume zone yang ditargetkan kepada pasar menengah yang mengutamakan produk yang khusus diproduksi di Indonesia dan hanya untuk pasar Indonesia, seperti Home Theatre, kulkas dan mesin cuci tipe alowa+ yang memiliki daya yang rendah atau low watt.
2. Sales force
Pada saat ini Panasonic telah memiliki 12 cabang di seluruh Indonesia dengan 48 service center, dengan rencana penambahan 2 cabang lainnya di Bandung dan Jogjakarta untuk mencapai jangkauan konsumen yang lebih luas.
3. New category
Tidak hanya berkecimpung di industri perlatan rumah tangga, Pansonic juga perlahan mengembangkan bisnisnya di industri system solutions, diantaranya termasuk produk security camera (CCTV), Panaboard (papan tulis elektrik untuk sekolah), dan produk lainnya yang fokus kepada B2B, seperti fax, telepon, dan scanner.

Tidak hanya mengalami pertumbuhan hingga 15%, Panasonic pada bulan Juni 2013 juga mengalami peningkatan yang signifikan yang disebabkan oleh penjualan kulkas yang tumbuh melampaui 50% dibandingkan tahun sebelumnya. Khusus untuk kategori busines system solutions mengalami pertumbuhan melebihi 20% di kuartal 1, 2013. Selain itu, karena peningkatan penjualan yang cukup baik, pangsa pasar khusus untuk produk TV, kulkas dan home theatre pun meningkat cukup tajam.

“Merupakan misi utama kami untuk senantiasa melakukan upaya bisnis terbaik secara berkesinambungan, dengan melahirkan berbagai inovasi produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Melihat hasil yang dicapai oleh Panasonic pada kuartal 1 tahun fiskal 2013 ini, kami optimis untuk mencapai target selanjutnya, yaitu menjadi Panasonic Group no. 1 di Asia Pasifik dalam satu tahun kedepan” tutup Suga.